Selasa, 06 Maret 2012

HUBUNGAN ANTORPOLOGI DENGAN ILMU-ILMU LAINYA HUBUNGAN ANTORPOLOGI DENGAN ILMU-ILMU LAINYA

Hubungan dengan ilmu geologi; bantuan ilmu geologi yang mempelajari lapian bumiserta perubahannya dibutuhkan oleh paleo-antropologi dan prehistori untuk menentukan umur relatif fosil manusia primate dan manusia zaman dulu serta artefak dan bekas-bekas kebudayaan yang digali dari lapisan bumi.
Hubungan dengan paleontology; ilmu ini memberikan informasi tentang proses evolusi bentuk mahluk hidup zaman dulu hinggga sekarang.
Hubungan dengan ilmu anatomi. Seorang ahli antropologi fisik yang meneliti ciri-ciri rasdi dunia sangat perlu ilmu anatomi karena ciri-ciri bagian tubuh manusia menjadi obyek peneliti. Terpenting bagi ahli antropologi fisik untuk mengetahui asal mula penyebaran manusia di bumi.
Hubungan dengan ilmu kesehatan masyarakat. Antropologi memberikan informasi kepada para dokter kesehatan masyarakat yang akan bekerja dan hidup di dearah dengan beragam kebudayaan. Metode-metode dan cara-cara untuk segera mengetahui dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan adat istiadat lain.
Hubungan dengan ilmu linguistik. Tiap peneliti yang mengumpulkan bahan etnografi di lapangan memerlukan pengetahuan secara cepat tentang bahasa penduduk di daerah yang ditelitinya. Dengan mengetahui ilmu bahasa, seorang peneliti menguasai alat untuk dengan cepat menganalisa dan mempelajari bahasa daerah tadi. Sehingga tugas penelitiannya dapat terlaksana dengan baik.
Hubungan dengan ilmu arkeologi (ilmu sejarah kebudayaan purbakala). Sub ilmu antropologi, prehistori menggunakan sisa-sisa benda kebudayaan manusia yang tertingggaldalam lapisan-lapisan bumi, benda-benda ini yang dipelajari dalam arkeologi.
Hubungan dengan ilmu sejarah, hampir menyerupai hubungan dengan ilmu arkeologi. Konsep-konsep tentang kehidupan masyarakat yang dikembangkan antropologi dan ilmu-ilmu sosial lainnya akan memakai pengertiankepada seorang ahli sejarah untuk mengisi latar belakang dari peristiwa politik dalam sejarah yang menjadi obyek penelitiannya. Ahli antropologi juga memerlukan sejarah dari suku-suku bangsa yang ditelitinya.
Hubungan dengan ilmu geografi. Geograi tidak bisa mengabaikan antropologi karena salah satu obyek kajian geografi adalah manusia yang beraneka warnasifatnya di muka bumi ini. Sebaliknya, antropologi juga memerlukan geografi, karena banyak masalah kebudayaan manusia memiliki sangkut paut dengan keadaan lingkungan alamnya.
Hubungan dengan ilmu ekonomi. Proses dan hukum-hukum ekonomi yang berlakudalam aktifitas ekonomi dipengaruhi oleh sistem kemasyarakatan, cara berpikir, serta pandangan hidup masyarakat. Ahli ekonomi yang hendak membangun ekonomi negara harus mengetahui sistem kemasyarakatan tadi yang dapat diperoleh dari antropologi.
Hubungan dengan ilmu politik. Untuk dapat memahami latar belakang dan adat istiadat tradisional dari suatu suku bangsa, maka metose analisa antropologi menjadi penting; seorang ahli ilmu politik, untuk mendpat pengertian mengenai tingkah laku partai politik yang sedang dipelajarinya. Sebaliknya, seorang ahli antropologi dalam mempelajari masyarakat untuk menulis deskripsi etnografi tentang masyarakat tersebut tentu akan juga menghadapi sendiri kekuatan dan proses poitik lokal, serta aktivitas cabang-cabang partai politik nasional di situ. Untuk menganalisanya ia perlu konsep dan teori ilmu politiknya juga.
Hubungan antorpologi dengan pembangunan. Muncul karena penelitian masyrakat desa yang berkaitan dengan pembangunan masyarakat dan masalah petani terhadap teknologi.
Hubungan antropologi dengan pedidikan. Ada hugungannya dengan pembangunan desa, dan untuk memajaukan desa.
Hubungan antropologi dengan penduduk. Para ahli kesehatan bekerjasama dokter dan ahli demo grapic untuk memecahakan masalah keluar berencana.
Hubungan antropologi dengan psikiatri. Ilmu ini timbul karena adanya persoalan social budaya yang menybabkan emosi tertekan dan perpengaru tehadap kesehatan jiwa.
Hubungan antropologi dengan kesehatan. Timbul karena adanya masalah penduduk, para ahli antropologi bekerjasama dengan ahli gizi untuk membangun kesehatan masyarakat.

Hubungan Antara Ilmu Hukum Adat Indonesia dan AntropologiAntropologi penting karena hukum adat bukan merupakan suatu sistem hukumyang telah diabstraksikan sebagai aturan-aturan dalam kitab-kitab undang-undang,melainkan timbul dan hidup langsung dari masalah-masalah perdata yang berasaldari dalam akvititas masyarakat. 


Hubungan antara ilmu administrasi dan  antropologi. Ilmu administrasi diindonesia tertentu akan menghadapi masalah-masalah yang sama seperti ilmuekonomi di indonesia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar